Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Usaha rumahan Ternak Kenari Yang Menguntungkan

Artikel terkait : Usaha rumahan Ternak Kenari Yang Menguntungkan

Usaha rumahan ~ Ternak kenari merupakan salah satu jenis peluang usaha yang kini terus berkembang seiring dengan jumlah pecinta burung di tanah air. Sebagai salah satu burung favorit, kenari tentu banyak di pelihara oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan peliharaan khususnya untuk didengarkan kicauan merdunya.

Dengan semakin banyaknya pecinta kicau mania tentu membuat burung yang satu ini semakin di cari oleh para penggila burung kicau. Di pasar burung hewan ini menjadi burung terlaris sehingga menjadi salah satu ceruk untuk mendapapatkan keuntungan dari burung kenari.

Usaha rumahan Ternak Kenari Yang Menguntungkan

Melihat pada perkembangan tersebut, kenari mulai di ternakkan dan dijadikan sebagai usaha rumahan yang menjanjikan keuntungan. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda membaca keseluruhan artikel yaitu :
  1. Memelihara burung kenari butuh kesabaran
    Dalam bidang ternak apapun, saya kira salah satu karakter pengusaha ternak yang harus di miliki adalah kemampuan untuk bersabar. Bersabar untuk merawat hewan ternak dan bersabar untuk menanti hasil.

    Akan sangat baik jika anda memang merupakan pencinta burung yang memang hobi memilihara burung sehingga anda telah memiliki modal kemampuan untuk merawat burung. Dengan dasar cinta inilah, anda akan lebi ringan dalam melakukan usaha rumahan ternak burung kenari di bandingkan apabila anda hanya bermodalkan keinginan untuk mendapatkan hasil yang besar.
  2. Harga Fluktuatif namun stabil
    Sebenarnya, salah satu kelebihan dari usaha ternak kenari adalah harganya terhitung stabil meskipun kerap terjadi flutuasi harga. Fluktuasi harga ini tentu membuat anda harus berfikir agar usaha rumahan ternak kenari anda tidak merugi.

    Untuk itu, selain kecintaan pada burung. Sedikitnya belajarlah masalah pemasaran dan manajemen bisnis yang baik minimal tingkat dasar agar anda dapat memaksimalkan pendapatan anda dari ternak kenari rumahan.
Selanjutnya mari kita membaca beberapa kisah sukses usaha rumahan ternak kenari agar kita lebih bersemangat dalam menjalankan usaha ternak burung kicau ini.


Kisah sukses bisnis Ternak Kenari

  1. Heri Susanto
    Salah satu peternak yang pandai melihat peluang adalah Heri Susanto.Seorang pria kelahiran Padukuhan, Sanggrahan,Umbul rejo ini mampu menghasilkan keuntungan sebesar Rp.10.000.000,- / bulan dari usaha rumahan ternak kenari. Pria yang di sapa Heri ini telah mampu membuktikan bahwa dari hobi nya memelihara burung kicau ternyata dapat menghasilkan uang yang jumlahnya juga sangat lumayan.

    Peternak kenari yang lahir pada 9 Mei 1978 tersebut menuturkan bahwa ia telah memulai usahanya di tahun 1978 dan hingga saat ini ia telah memiliki lebih dari 60 Kenari dari jenis AF dan F1. Kisaran harga yang ia patok untuk burung peliharaannya berkisar dari angka Rp.150.000 -Rp. 500.000. Usaha ternaknya terus bertambah dan terus mendulang sukses dari usaha rumahan ternak kenari.
  2. Sunhaji, Lulusan SD yang omzetnya Rp. 300 juta / bulan
    Selain kisah Heri Susanto, kisah sukses peternak kenari lainnya datang dari seorang pria yang bernama Sunhaji, seorang pria lulusan SD yang telah memulai usahanya semenjak tahun 1990. Pada tahun 1998, ketika terjadi krisis moneter, dimana banyak pengusaha yang gulung tikar. Sunhaji justru memanen uang karena arga kenari naik drastis seiring kenaikan kurs dollar pada saat itu.

    Karena usahanya kian berkembang, ia kemudian mendirikan CV Malang Kenari Jaya dan mulai mengimport jenis kenari dari luar negeri.

    Bagaimana pak Sunhaji memulai usaha tersebut?

    Pada awalnya, beliau juga kesulitan modal uang.Ia kemudian terpaksa menjual Tape Recorder dan TV untuk membeli satu indukan jantan dan dua indukan betina. Dari indukan - indukan tersebutlah usaha rumahan ternak kenari milik pan Sunhaji mulai berjalan dan berkat ketekunan dan keyakinannya, pak Sunhaji berhasil meraih kekayaannya dan hidup berkecukupan dengan pendapatan yang sangat besar.
Dua kisah di tas merupakan segelintir conoh pengusaha bisnis rumahan yang berhasil membuktikan kesuksesan mereka dari usaha rumahan ternak kenari. Anda pun bisa meraup keberhasilan yang di raih oleh Heri dan Sunhaji. Namun, ingat bahwa jangan sampai tujuan awal anda membuka usaha ternak kenari semata karena keuntungan semata.Cintailah usaha anda dan jadikan hobi anda agar usaha anda lebih mudah meraih kesuksesan.

Analisa Usaha Rumaan Ternak Kenari


Berikut merupakan analisa laba rugi yang disajikan dalam bentuk sesederhana mungkin agar dapat memberikan pemahaman mengenai analisa usaha ternak kenari.



Pengeluaran 
1. Sangkar         = Rp.  50.000

2. Induk siap Jodoh = Rp. 750.000


Total = Rp. 800.000



Pengeluaran Tetap
1. Pakan milet untuk satu tahun      = Rp. 100.000

2. Makanan alami                           = Rp. 40.000

Total = Rp. 140.000

Total pengeluaran adalah Rp. 940.000 

Pendapatan

Asumsi selama satu tahun indukan kenari dapat bertelur 6 kali dengan masing - masing saat bertelur menghasilkan 4 telur dan harga kenari adalah Rp.200.000,-

Jumlah kenari 1 tahun    = 24 ekor
Pendapatan = 24 ekor x 200.000 = Rp. 4.800.000

Keuntungan Rp. 4.800.000 - 940.000 = 3.960.000

Keuntungan / bulan =3.960.000 / 12 = Rp.330.000 / bulan'

Jika anda ingin menambah pendapatan maka anda tinggal memperbesar skala bisnis rumahan anda dengan menambah jumlah indukan, kandang  dan tentu pakan.

Apakah kini anda tertarik untuk menjalankan usaha ternak kenari?

pada kesempatan mendatang akan saya bahas mengenai bagaimana cara beternak kenari dan tps - tips sukses beternak kenari agar anda mendapatkan keuntungan maksimal.

Semoga artikel tentang usaha rumahan ternak kenari yang menguntungkan di atas dapat menjadikan anda bersemangat dalam  memulai bisnis di rumah anda.

Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan