Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Pengertian Komunikasi Lengkap Menurut Para Ahli Yang harus Diketahui

Artikel terkait : Pengertian Komunikasi Lengkap Menurut Para Ahli Yang harus Diketahui


Komunikasi adalah bagian dari hidup kita sehari-hari. Artikel ini akan mengupas secara jelas tentang pengertian komunikasi dan hal yang berhubungan dengan komunikasi

Manusia adalah mahluk sosial yang artinya tidak hidup secara individu karena mereka akan ada dalam suatu kelompok sosial dan masyarakat. Pada kehidupan sehari-hari manusia berinteraksi menggunakan cara berkomunikasi satu sama lain. 

Komunikasi ada untuk menjalin atau membangun relasi antar sesama. Komunikasi menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan sosial manusia. Istilah komunikasi memang sudah tidak asing dan kita selalu mempraktikannya, namun bagi Anda yang ingin mengetahui pengertian komunikasi maka simak terus artikel ini.

Seiring dengan perkembangan zaman dan berjalannya waktu, banyak pakar-pakar yang memberikan pendapat mereka tentang apa pengertian komunikasi

Untuk menambah pengetahuan tentang komunikasi agar hubungan komunikasi dengan lingkungan semakin baik, berikut adalah pengertian komunikasi menurut para ahli dan sumber dan hal-hal lain yang berhubungan dengan komunikasi yang dapat menambah informasi untuk Anda.

pengertian komunikasi

Pengertian Komunikasi

Komunikasi berasal dari bahasa Inggris yaitu communication yang memiliki arti yaitu sama. Dibawah ini adalah beberapa pengertian komunikasi yang terangkum berdasarkan pendapat beberapa ahli serta penjelasan lain yang berkaitan dengan ilmu komunikasi.

Pengertian komunikasi menurut ahli dan sumber

Para ahli menyatakan pendapatnya tentang makna dari komunikasi, mau tau siapa saja ? simak terus artikel ini.
  1. Ilmu komunikasi menurut Carl I. Hovland adalah sebuah usaha yang sistematis guna merumuskan dasar-dasar dalam rangka penyampaian informasi serta pembentukan suatu pendapat secara tegas.

  2. Webster’s New Collegiate dictionary menyatakan bahwa komunikasi adalah suatu proses yang di dalamnya terdapat pertukaran informasi diantara individu melalui tanda-tanda, lambang, maupun tingkah laku.

  3. J.A Devito mendefinisikan komunikasi sebagai suatu tindakan oleh satu orang atau lebih yang mengirim serta menerima pesan yang mempunyai pengaruh tertentu.

  4. Wibowo memiliki pendapat bahwa komunikasi adalah suatu aktifitas menyampaikan sesuatu yang dipikirkan, keinginan atau konsep yang kita miliki agar sampai kepada orang lain.

  5. Komunikasi menurut Berelson dan Strainer adalah penyampaian suatu ide, emosi, atau ketrampilan melalui penggunaan simbol kata, grafik atau angka.

  6. Pawito dan Sardjono menyatakan komunikasi sebagai suatu proses dimana pesan dipindahkan dari sumber kepada penerima yang bertujuan untuk mengubah sikap dan perilaku.

  7. Wilbur Shramm menyebutkan bahwa komunikasi sebagai proses sharing atau berbagi

  8. Nimmo mendefinisikan komunikasi adalah proses interaksi sosial yang digunakan oleh orang untuk menyusun makna dan untuk melakukan pertukaran citra melalui symbol.

  9. Smith menyatakan bahwa komunikasi adalah proses yang halus dan sederhana dengan berbagai unsur sinyal, sinyal dan sandi.

Fungsi Komunikasi

Selain membahas tentang pengertian komuniasi, kami akan menyebutkan beberapa fungsi dari komunikasi. Komunikasi memiliki beberapa fungsi menurut Onong Uchjana Effendy, yaitu

  1. Menginformasikan
  2. Mendidik
  3. Menghibur
  4. Mempengaruhi
  5.  

Unsur Komunikasi

Banyak yang bertanya apakah sebenarnya unsur yang ada di dalam komunikasi, berikut ini adalah unsur-unsur yang ada di dalam komunikasi menurut paradigma Laswell atau Harold Laswell:

1.      Komunikator (penyampai pesan)
Komunikator adalah seorang yang bertugas untuk menyampaikan pesan kepada para komunikan. Komunikator dalam hal ini harus memahami pesan apa yang harus disampaikan kepada komunikan sehingga tujuan penyampaian pesan ini terpenuhi.

2.      Pesan
Pesan harus memiliki makna yang mudah dipahami dan dimengerti sehingga komunikator dan komunikan mampu memahami dengan cepat maksud dari pesan tersebut.
3.      Media
           Media dengan berbagai bentuknya mampu untuk digunakan sebagai penyalur pesan. Media yang dapat digunakan adalah udara, radio, telepon, televisi, majalah, koran dan media yang lainnya.
4.      Komunikan (penerima pesan)
Komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila pesan yang disampaikan oleh seorang komunikator dapat dipahami oleh penerima pesan. Peran komunikator sangat penting disini demi kesuksesan penyampaian pesan.
5.      Efek
Dampak atau efek disini yaitu apabila seorang komunikan mampu mengubah cara berpikirnya, sikap, maupun perilaku setelah menerima pesan dari komunikator.           
                                      

Bentuk-bentuk komunikasi

Komunikasi memiliki beberapa bentuk diantaranya adalah komunikasi secara personal dan komunikasi secara kelompok. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan tentang bentuk-bentuk komunikasi:

  1. Komunikasi intrapersonal, komunikasi ini adalah komunikasi dengan diri sendiri yang berfungsi untuk mengembangkan kreatifitas, imajinasi, maupun proses mengendalikan diri.
  2. Komunikasi interpersonal, komunikasi ini merupakan bentuk  komunikasi antar                                                                                                                                                 pribadi yang melibatkan dua orang atau lebih yang dapat terjadi melalui kontak langsung dalam bentuk percakapan. Berlangsung dapat secara tatap muka maupun menggunakan media komunikasi.
  3. Komunikasi kelompok, komunikasi ini merupakan komunikasi antar tiga orang atau lebih dengan tujuan yang telah ada.
  4. Komunikasi organisasi, komunikasi ini adalah komunikasi antar manusia dalam struktur keorganisasian.
  5. Komunikasi masa, proses komunikasi dimana pesan yang ada di media masa digunakan oleh masyarakat.

Konsep Komunikasi

Komunikasi memiliki tiga konseptualisasi, berikut adalah konsep komunikasi yang dikemukakan oleh John R. , Willliam W.W., Kenneth K.S. dan juga Edward M.B. yang dikutip dari buku ilmu pengetahuan karya Prof. Deddy Mulyana, MA., Ph.D

1.   Komunikasi sebagai interaksi
Komunikasi ini dianggap lebih efektif karena komunikan dapat memberikan tanggapan atau umpan balik terhadap pesan yang telah disampaikan oleh komunikator sebagai pertanda bahwa pesan tersebut sudah diterima dengan tepat. Konsep ini juga disebut sebagai komunikasi dua arah.
2.   Komunikasi sebagai transaksi
Tanpa sadar ketika sedang berkomunikasi kita menyampaikan pesan-pesan non verbal seperti mengikut sertakan gerakan tubuh. Gerakan-gerakan tersebut diantaranya adalah nada suara, ekspresi wajah, dan isyarat tangan. Proses pengiriman pesan tersebut bersifat spontan.
3.   Komunikasi sebagai tindakan satu arah
Komunikasi searah ini hanya melibatkan komunikator sebagai satu komunikasi itu sendiri. Dalam komunikasi satu arah ini tidak ada umpan balik yang disampaikan oleh komunikan terhadap komunikator.

Proses komunikasi

Proses komunikasi pada dasarnya adalah suatu cara yang dibuat oleh komunikator agar mampu menyampaikan pesan dengan baik dan diterima oleh komunikan. Proses komunikasi memiliki tujuan untuk mewujudkan komunikasi yang efektif dan sesuai dengan tujuan komunikasi. Dibawah ini adalah dua proses komunikasi:
  1. Proses komunikasi secara primer, salah satu proses komunikasi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka sehingga terdapat umpan balik yang disampaikan secara langsung.
  2. Proses komunikasi secara sekunder,  proses komunikasi jenis ini dilakukan dengan menggunakan media untuk menyampaikan pesan tersebut sehingga umpan balik tidak dapat disampaikan secara langsung.

Hambatan dalam komunikasi

Gangguan maupun hambatan seringkali terjadi di dalam proses komunikasi. Gangguan ini dapat membuat penyampaian pesan tidak mampu berjalan dengan baik dan efektif. Gangguan dapat menimbulkan salah pengertian antara komunikan dan komunikator. Berikut adalah beberapa hambatan yang dapat terjadi saat komunikasi menurut Effendy:
  1. Gangguan mekanik dan gangguan sematik
Gangguan mekanik adalah gangguan yang bersifat secara fisik dan saluran komunikasi yang menyebabkan timbulnya kesalah pahaman. Gangguan sematik ini berkaitan dengan pesan komukasi yang pengertiannya menjadi rusak.
  1. Kepentingan
Kebanyakan orang hanya mau memperhatikan perangsang yang ada kaitannya dengan kepentingan yang dia inginkan. Hal ini membuat orang menjadi selektif dalam menerima pesan yang disampaikan oleh komunikator.
  1. Motivasi terpendam
Semakin sesuai komunikasi dengan suatu motivasi yang dimiliki seseorang maka semakin besar kemungkinan komunkasi itu diterima dengan baik.
  1. Prasangka
Jenis ini merupakan hambatan yang berat dalam proses komunikasi karena emosi dapat membuat kita menarik kesimpulan tanpa menggunakan akal dan pikiran kita.

Nah diatas adalah penjelasan mengenai pengertian komunikasi yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga bermanfaat

Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan