Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Pengertian Manajemen Lengkap Menurut Para Ahli

Artikel terkait : Pengertian Manajemen Lengkap Menurut Para Ahli


Apakah Anda sering mendengar istilah manajemen namun tidak begitu memahami apa pengertiannya? Simak artikel pengertian manajemen dibawah ini

Manajemen adalah ilmu yang sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari dan sangat penting. Manajemen memiliki kontribusi dalam kehidupan pribadi kita, ditempat kerja bahkan kehidupan dalam negara. Bagi Anda yang ingin memahai pengertian manajemen dan beberapa hal tentang manajemen, maka simak terus artikel ini



Beberapa ahli mengartikan manajemen sebagai suatu keahlian seseorang yang merupakan karya seni. Semua orang dapat mengembangkan kemampuan tersebut sesuai dengan kepekaan dan insting dalam menetapkan kebijaksanaan dan mewujudkan suatu tujuan dan bermanfaat bagi lingkungannya. Berikut adalah pengertian manajemen menurut ahli dan beberapa hal lainnya
Pengertian Manajemen

Artikel ini menyebutkan beberapa pengertian atau definisi dari manajemen yang bersumber pada beberapa ahli, di bawah ini adalah pengertian manajemen dan segala yang berhubungan dengan manajemen  yang dapat dijadikan referensi oleh Anda.

Pergertian Manajemen Menurut Para Ahli

Kata manajemen secara etimologis  berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu mẻnagement yang artinya suatu seni dalam melaksanakan dan mengatur. Dibawah ini adalah definisi manajemen dari berbagai pakar secara terminologis, diantaranya:

  1. Manajemen menurut Bucher dan Krotte, adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengendalian usaha oleh para anggota suatu organisasi dan penggunaan sumberdaya organisasi lainnya untuk mencapai suatu tujuan.

  2. Dubrin, Ireland dan Williams menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses koordinasi dan integrasi dari penggunaan sumber-sumber organisasi guna mencapai tujuan khusus.

  3. Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan mendefinisikan bahwa manajemen adalah suatu proses pengguanaan sumberdaya secara efektif untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan.

  4. Djati Julitriarsa menyatakan bahwa manajemen adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara mencapai tujuan dengan efektif dan efesian dengan memperoleh bantuan atau melalui orang lain.

  5. Pengertian manajemen menurut Georgy R. Terry adalah cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan-kegiatan yang orang lain lakukan.

  6. Manajemen adalah suatu seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain berdasarkan pernyataan Marry Parker Follet.

  7. Wawan suherman mendefinisikan  manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian usaha, organisasi dengan menggunakan sumberdaya manusia yang telah dimiliki oleh suatu organisasi.

  8. Handoko mendefinisikan manajemen sebagai bekerja dengan orang untuk menentukan, menginterpertasikan dan mencapai tujuan organisasi dengan melaksanakan beberapa fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan dan kepemimpinan (leading), serta pengawasan (controlling ).

  9. Gulick menyatakan bahwa manajemen adalah suatu ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk dapat memahami mengapa atau bagaimana manusia bekerja secara bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan dan membuat system yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

  10. Schein memberikan definisi manajemen adalah suatu profesi , profesi yang dituntut untuk bekerja secara profesional .

Unsur-unsur Manajemen


Selain membahas tentang pengertian manajemen, alangkah baiknya kita mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan ilmu manajemen salah satunya adalah unsur-unsur manajemen. Berikut adalah berbagai unsur-unsur yang ada pada manajemen:
  1. Man, yaitu sumber daya manusia
  2. Method,  yaitu suatu cara atau sistem yang digunakan untuk mencapai tujuan
  3. Money, adalah uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan
  4. Machine, adalah alat atau mesin untuk berproduksi
  5. Market, pasaran atau suatu tempat yang difungsikan untuk melemparkan hasil produksi
  6. Material, yaitu bahan yang dapat diperlukan dalam suatu kegiatan
  7. Information, adalah hal-hal yang dapat membatu untuk mencapai suatu tujuan

Tujuan Manajemen

Tujuan manajemen adalah untuk mengefesienkan dan mengefektifkan pengunaan segala sumber daya yang ada yang berguna untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah dibuat sebelumnya dan disesuaikan dengan kemampuan pengaturan dalam sistem organisasi yang ada.


Fungsi-Fungsi Manajemen

Manajemen dapat diartikan sebagai suatu pencapaian tujuan melalui berbagai fungsi-fungsi manajemen. Berikut ini adalah fungsi-fungsi manajemen, yaitu
  1. Perencaan (planning) yaitu serangkaian kegiatan dan kegiatan yang digunakan untuk mencapai hasil yang diharapkan.
  2. Ramalan (forecasting) adalah kegiatan untuk meramalkan, memproyeksikan terhadap   kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi apabila sesuatu dikerjakan.
  3. Penyusunan persolania (staffing atau assembling resources) adalah suatu sistem penyusunan personalia sejak dari penarikan  tenaga kerja.
  4. Pengarahan atau komando (directing atau commanding) yaitu usaha memberikan bimbingan serta perintah.
  5. Koordinasi (coordinating) adalah menyelaraskan pekerjaan agar tidak menimbulkan kekacauan.
  6. Motivasi (motivating) yaitu betugas memberikan inspirasi dan semangat serta dorongan kepada bawahan agar dapat mengerjakan kegiatan-kegiatan secara sukarela.
  7. Leading, pekerjaan yang meminta orang lain agar mau bertindak dengan tujuan yang telah ditentukan. Kegiatan-kegiatan yang dikerjakan oleh leading adalah mengambil keputusan, mengadakan komunikasi antara manajer dengan bawahan, memberi semangat dan memilih orang-orang yang akan dijadikan anggota.
  8. Pengawasan (controlling) yaitu penerapan atau penemuan cara untuk dapat menjamin bahwa rencana telah sukses dicapai.
  9. Organisasi (organizing) adalah pengelompokan kegiatan sesuai tugas, fungsi serta susunan organisasi.
  10. Pelaporan (reporting) yaitu pelaporan hasil kegiatan baik secara lisan maupun secara tertulis.

Sifat-sifat manajemen
  1. Manajemen bersifat fleksibel, seorang manajer dituntut untuk dapat bekerja baik dengan anak buahnya sehingga harus mampu bekerja sama dengan kondisi dan watak orang yang berbeda-beda. Perlu memiliki tindakan yang fleksibel sehingga mampu menghadapi perubahan kondisi baik dalam lingkungan ekstren maupun intern suatu perusahaan.
  2. Manajemen bersifat universal, mampu memakai kaidah-kaidah, konsep dan prinsip ilmu pengetahuan. Seorang manajer harus mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang dikuasainya pada kondisi yang ada sehingga mampu menjalankan fungsi-fungsi manajerial secara efektif dan efisien.

Dasar perencanaan manajemen

Hal-hal yang perlu dipahami dan dipertimbangkan adalah bagaimana membuat rencana yang dapat membuat karir lebih baik. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan :
  1. Mampu menetapkan satu rencana yang tentative
  2. Dengan mengamati kelemahan dan kekuatan rencana tersebut mampu membuat ramalan
  3. Mampu menentukan alternative apa yang dapat digunakan apabila rencana tersebut tidak berjalan sesuai yang diharapkan diawal
  4. Melakukan evaluasi awal
  5. Menerapkan rencana kemudian mengevaluasi rencana yang sedang atau telah berjalan

Praktik-Praktik Manajemen

Dalam manajemen terdapat tahapan-tahapan praktik manajemen yang menurut George R. Terry terdiri dari beberapa tahapan , yaitu
  1. Manajemen pemanfaatan suatu konflik
  2. Manajemen prioritas dan produktifitas
  3. Manajemen berdasarkan hasil yang dicapai (result management)
  4. Manajemen berdasarkan kemungkinan yang ada (contingency management)
  5. Manajemen partisipsi
  6. Manajemen untuk memperkaya pekerjaan (job enrichment)

Tingkatan manajemen (Manajemen Level)

Manajemen telah menjadi bagian dalam berbagai kegiatan pemerintahan, swasta maupun organisasi-organisasi tertentu. Apabila kita melihat dalam suatu struktur organisasi maka manajemen dibagi dalam beberapa tingkatan, di bawah ini adalah tiga tingkatan manajemen:
1.   Manajemen puncak (Top manager) adalah tingkatan yang terdiri kelompok yang tidak terlalu besar dan memiliki tanggung jawab dalam seluruh keorganisasian. Kegiatan yang dilakukan oleh manajemen puncak ini adalah membimbing hubungan lingkungan organisasi dengan organisasi serta membuat ketetapan kebijakan operasional.

2.   Manajemen tengah (Midle manager) adalah tingkatan manajemen dimana bertugas untuk mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan dari suatu organisasi.

3.   Manajemen lini atau sering disebut sebagai manajemen tingkat pertama, adalah orang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain misalnya mandor yang mengawasi anak buahnya dalam menjalankan tugas.

Itulah beberapa pengertian manajemen dan beberapa hal yang berkaitan dengan manajemen. Semoga artikel ini dapat membantu anda memahami tentang manajemen

Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan