Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Pengertian Bank Secara Umum Khusus Menurut Para Ahli

Artikel terkait : Pengertian Bank Secara Umum Khusus Menurut Para Ahli


Pengertian bank ~  Bank merupakan lembaga keuangan dengan banyaknya peranan yang diberikan untuk kemajuan ekonomi. Berikut ulasan pengertian bank secara lengkap.

Kini, bank bukanlah hal yang baru bagi masyarakat. Pesatnya perkembangan bank disebabkan karena masyarakat sangat antusias untuk menggunakan produk dan jasa perbankan yang termuat dalam pengertian bank. Jasa perbankan yang dimaksud yaitu bank menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkankannya kembali, serta jasa lain yang ditawarkan.

Sejalan dengan tujuan bank umum, yakni untuk meningkatkan pertumbuhan dan menjaga stabilitas ekonomi agar tercipta kesejahteraan masyarakat, ada beberapa kegiatan utama bank yang wajib diketahui, diantaranya bank sebagai wadah penyimpanan dana masyarakat, penyaluran dana kembali serta sebagai perantara dalam lalu lintas pembayaran.

pengertian bank


Sejarah Bank Umum



Bank didirikan pada tahun 1690 dalam bentuk sebuah firma. Pada saat itu, kerajaan Inggris ingin melakukan pembangunan kembali kekuatan armada laut yang dimilikinya untuk dapat bersaing dan mengalahkan kekuatan armada laut Perancis. Tetapi, pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang cukup untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Dari keadaan itu, William Paterson menyatakan gagasan untuk membentuk suatu lembaga intermediasi keuangan yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi pemerintahan Inggris. Kemudian, Charles Montagu menyetujui gagasan dari William Paterson dan merealisasikannya sehingga dana pembiayaan untuk pembangunan kekuatan armada dapat dipenuhi hanya dalam waktu 12 hari.

Asal mula kegiatan perbankan ini dikenal pada zaman kerajaan di daratan Eropa. Perbankan dulu dikenal dari jasa penukaran uang yang dilakukan oleh kerajaan yang satu dengan kerajaan yang lain. Penukaran uang tersebut kini dikenal menjadi perdagangan valuta asing atau Money Changer.

Lambat laun perbankan juga berkembang menjadi tempat untuk menitipkan uang yang kini dikenal dengan simpanan, serta bertambah sebagai tempat peminjaman uang. kita juga dapat menitipkan barang-barang berharga, seperti perhiasan, kendaraan, dan lain sebagainya jika akan pergi dalam jangka waktu yang lama atau karena alasan keamanan.
Fungsi Utama Bank Secara Eksplisit
Dalam melaksanakan fungsinya, bank akan memperoleh pendapatan dari berbagai sumber. Pendapatan tersebut berupa pengenaan bunga yang telah ditetapkan bank sebagai bagi hasil atas keuntungan dari suatu perjanjian antara pihak bank dan nasabah. Berikut fungsi utama bank secara ekplisit.

  • Agent Of Development

Kelancaran sektor perekonomian riil sangat memerlukan kegiatan bank yaitu menghimpun dana dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat.
Sektor riil dan sektor moneter keduanya saling mempengaruhi dan saling membutuhkan. Oleh karena itu, melalui kegiatan bank, masyarakat dapat melakukan investasi, konsumsi dan distribusi. Kelancaran kegiatan tersebut dapat membantu untuk membangun ekonomi masyarakat.

  • Agent Of Trust

Pihak perbankan dan nasabah dalam melakukan kegiatan bank didasarkan atas kepercayaan kepada masing-masing pihak. Nasabah percaya kepada bank dalam menitipkan dananya dengan aman dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali tanpa perlu rasa khawatir bank akan mengalami kebangkrutan dan simpanannya tidak kembali.
Bank juga percaya kepada nasabah dalam menyalurkan dananya sebagai pinjaman. Nasabah dipercaya dapat mengembalikan dana yang dipinjam dari bank, meskipun pembayarannya dilakukan pada saat waktu jatuh tempo

  • Agent Of Service 
Fungsi yang ketiga yaitu bank menawarkan jasa perbankan selain sebagai penyimpan dan penyalur dana. Jasa lain yang diberikan bank kepada masyarakat yaitu berupa pemberian jaminan oleh bank, jasa pengiriman barang berharga maupun uang, serta penyelesaian tagihan. Jasa ini merupakan jasa yang mempunyai keterkaitan yang kuat dengan kegiatan perekonomian masyarakat.


Jenis Bank Umum



Jasa-jasa yang dimiliki perbankan sangat terkait dengan kegiatan utama yang dilaksanakan oleh perbankan. Kegiatan itu dapat diketahui dari pengertian bank meliputi menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat. Jasa perbankan akan mempengaruhi pendirian suatu bank. Lebih lengkapnya simak jenis-jenis bank umum berikut ini.
1.      Jenis Bank dilihat dari Segi Kepemilikan

Kepemilikan suatu bank dapat dilihat dari bukti akta pendirian dan penguasaan. Jika dilihat dari segi kepemilikan, bank dapat dikategorikan seperi berikut.

a.      Bank Pemerintah

Bank ini sebagian besar modalnya dimiliki oleh pemerintah. Masing-masing bank ini didirikan berdasarkan Undang-undang yang berlaku serta mempunyai misi tertentu guna memajukan kesejahteraan bangsa. Contoh bank pemerintah antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

b.      Bank Asing

Jaringan yang dimiliki oleh bank asing sangat luas di berbagai negara. Bank ini memiliki modal yang seluruh atau sebagian besar dari pemilik asing. Serta, biasanya bank luar negeri memilki cabang di suatu negara, cabang ini yang disebut dengan bank asing. Contohnya adalah City Bank dan Bank of Tokyo.

c.       Bank Swasta Nasional

Pada bank ini, seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh perseorangan ataubadan hukum Indonesia. Diantaranya adalah Bank Lippo dan Bank NISP.

d.      Bank Koperasi

Badan usaha koperasi dengan modal yang dimiliki mendirikan bank koperasi ini, seperti Bukopin atau Bank Umum Koperas Indonesia.

e.      Bank Campuran

Swasta nasional dan swasta asing membentuk kemitraan dan mendirikan bank yang modalnya berasal dari ke dua belah pihak tersebut.

2.      Jenis Bank dilihat dari Segi Fungsi

a.      Bank Umum

Mengimpun dana dari masyarakat, menyalurkan kembali dana tersebut dan memberikan jasa pelayanan dalam bidang keuangan kepada masyarakat umum, inilah yang dinamakan dengan bank umum. Usaha bank umum meliputi menghimpun dana yang dapat berupa deposito, dan tabungan, sebagai wadah untuk memberi pinjaman kepada masyarakat, jual beli surat berharga dan lain sebagainya.

b.      Bank Sentral

Hanya terdapat satu bank sentral di suatu negara. Bank sentral yang dimiliki Indonesia adalah Bank Indonesia (BI). Bank ini bertugas menjaga nilai rupiah agar tetap stabil serta mengawasi jalannya kegiatan-kegiatan lembaga keuangan lainnya.

c.       Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Bank ini hanya melakukan kegiatan yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan bank umum, seperti menerima simpanan deposito berjangka atau tabungan dan memberikan pelayanan pinjaman kepada masyarakat.

3.      Jenis Bank dilihat dari Kegiatan Operasional

a.      Bank Konvensional

Bank yang menjalankan kegiatan usaha dilakukan secara konvensional. Nasabah dapat melakukan dan mempercayakan lalu lintas pembayaran kepada bank konvensional ini.

b.      Bank Syariah

Prinsip-prinsip syariah yang dijadikan pedoman bagi bank syariah ini untuk melakukan kegiatan perbankan, dimana dalam pembagian keuntungannya berdasarkan prinsip bagi hasil antara dua pihak yaitu pemilik dana dan pengelola dana.

Peran Bank Umum

Bank memberikan peranan yang cukup besar bagi masyarakat baik dalam kegiatan bank maupun kegiatan perekonomiannya. Beberapa peran bank umum diantaranya bank dapat menciptakan uang sebagai alat pembayaran yang sah sehingga menyebabkan semakin pentingnya kedudukan dan fungsinya dalam pelaksanaan kebijakan moneter.

Selain itu, bank juga berperan dalam menghimpun dana simpanan dari masyarakat, penyimpanan surat berharga, memberikan jasa perbankan dan mendukung terciptanya kelancaran transaksi secara internasional. Transaksi ini dapat berupa transaksi modal maupun barang.

Dengan berbagai jasa perbankan yang ditawarkan, mendorong masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan utama bank. Demikianlah ulasan mengenai pengertian bank, semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan