Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Peluang Usaha Ternak Ulat Hongkong Modal Kecil

Artikel terkait : Peluang Usaha Ternak Ulat Hongkong Modal Kecil

Peluang usaha ternak ulat hongkong ini ternyata untuk kamu yang mempunyai modal kecil juga bisa menggelutinya guys, perawatannya tidak sulit dan biayanya pun relatif mudah, Untuk selengkapnya mari simak dibawah ini.

Peluang usaha jenis ini sangat menggiurkan dengan modal kecil namun bisa untung besar, tidak perlu keahlian khusus atau profesional karena pemula pun bisa terjun dalam bisnis ini. ulat hongkong ini menjadi kebutuhan bagi para pecinta burung sebagai pakan piaraan nya maka tak heran para peternak ulat hongkong ini ketiban rejeki yang banyak juga karena tingkat permintaan yang tinggi dari pecinta burung.

Bagaimana cara memulai usaha ternak ulat hongkong ini?

Hal yang mesti kalian siapakan pertama kali untuk bisnis ulat hongkong ini adalah wadahnya atau tempat hidup si ulat tersebut. Untuk wadahnya berupa box bisa dari bahan kayu ataupun plastik, kemudian siapkanlah bekatul. Bekatul tidak hanya berfungsi sebagai makanan loh, tapi juga berfungsi untuk menjaga suhu agar terus lembab. Kenapa suhu harus lembab untuk tempat si ulat hongkong, karena si ulat tidak bisa bertahan dalam suhu yang panas ataupun terlalu dingin.

 Nah, untuk pemilihan induk carilah kumbang yang dewasa. Sesuaikanlah jumlah kumbang dalam setiap box penyimpanannya. Pakan utamanya beri saja kentang, potongan roti atau apel juga boleh. Kenapa apel atau kentang yang berlaku sebagai pakan utama karena pakan tersebut mengandung air yang cukup banyak dibandingkan pakan yang lain tujuannya agar sikumbang tidak mengalami kekurangan air.

Jika semua persyaratan diatas telah ada, isilah tempat tinggal kumbang tadi dengan bekatul ¼ dari ukuran boxnya, kemudian taruhlah ulat/kumbang dewasa ke dalam box, jangan lupa untuk memeriksa setiap hari boxnya ya karena box penyimpanan kumbang tersebut harus bersih dari remah/ sisa makanan. Ingat! Box ditempatkan dalam suhu yang kurang cahaya atau lembab.

Berapa lama masa pemeliharaan ulat hongkong ini?
Cukup 3 bulan saja masa pemeliharaannya, di hari ke 90 akan muncul ulat putih/kepompong yang nantinya akan menjadi kumbang. Sedikit informasi penting bahwa ulat dewasa yang telat menjadi kepompong bisa memakan ulat yang telah menjadi kepompong loh jika stock makanan dalam box terasa kurang baginya. Jadi perhatikan terus ya stock makanan dalam box.

Proses dari kepompong menjadi kumbang hanya memakan waktu beberapa hari saja, isilah box tersebut dengan dedak takaran ¾ dari bekatul. Beberapa harinya akan muncul telur ulat yang harus kalian filter/saring. Pisahkan dedak dan telur ulat tersebut hingga tinggal kumbang saja. Lakukanlah proses diatas berulang-ulang sampai kumbang tak bertelur lagi dan mati.

Diatas merupakan sekilas tentang ternak ulat hongkong dan penulis rasa tidak terlalu sulit untuk menekuni bisnis modal kecil tersebut. Untuk info detail yang kalian ingin ketahui apa saja proses detail dalam beternak ulat hongkong tersebut anda bisa menanyakan ke senior peternak yang sudah berpengalaman dibidang usaha terkait.



Lalu Berapa Sih Harga Jual Ulat Hongkong Tersebut?
Ulat hongkong sendiri untuk harganya bisa naik turun, dimulai dari Rp.20.000 sampai Rp.34.000 per kilogramnya, menurut sumber yang kami rangkum, seorang pengusaha ulat hongkong di malang bisa menghasilkan 4 kuintal perminggunya yang artinya beliau bisa meraup keuntungan kotor jika per kg nya Rp.20.000 maka yang didapatkan 8 juta rupiah perpekan dengan 1000 box/tempat penyimpanan kumbang, wahh, sangat gurih sekali bukan penghasilannya.

Untuk pengeluaran yang beliau keluarkan tiap minggunya sekitar 4.5 juta  rupiah untuk pakan berupa 30 sak polar dengan isi 50kg per sak nya seharga Rp.150.000.
Sementara biaya untuk tenaga kerjanya per minggu sekitar 600 ribu rupiah untuk 4 orang.
Jadi dalam sebulan penghasilan yang belaiu dapatkan sekitar 16 kuintal (1600kg) atau setara dengan 32 juta rupiah tentu nilai jual ulat hongkong hanya 20.000/kg.

Wah, lumayan juga bukan jika kalian memulai bisnis ternak ulat hongkong ini. Sebelum memulai bisnis ada baiknya kalian mencari info pengepul atau toke-toke untuk menerima pasokan stock ulat hongkong dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan toke/pengepul lainnya agar nantinya saat panen datang kalian tidak bingung untuk menjual kemana. Sekian informasi dari penulis tentang peluang ternak ulat hongkong modal kecil, semoga bermanfaat.


Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan