Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Pengertian Peluang Usaha Adalah.. ( Menurut Para Ahli )

Artikel terkait : Pengertian Peluang Usaha Adalah.. ( Menurut Para Ahli )

Peluang Usaha adalah kemungkinan yang dapat diambil oleh pengusaha untuk mencapai tujuang yang ingin dicapai. Dengan kata lain, peluang usaha adalah kemungkinan yang dipengaruhi oleh kegagalan maupun kesuksesan suatu usaha pada masa yang akan datang dan karena peluang usaha merupakan "kemungkinan" sehingga di dalamnya mengandung dua keadaan yang dapat terjadi dimasa depan yaitu gagal atau sukses. 

Dengan adanya kemungkinan gagal dan sukses, maka pemilihan dalam mengambil keputusan kemudian dianalisa dengan prospek bisnis. Prospek dapat diartikan sebagai prediksi yang bersifat kuantitaf dengan membandingkan antara biaya produk dan tenaga dengan hasil penjualan dengan mempertimbangkan faktor - faktor keberhasilan marketing sehingga nantinya didapat probabilitas keuntungan atau kerugian dari sebuah usaha. 

Dari penjelasan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa peluang usaha adalah kemungkinan - kemungkinan bisnis yang dapat dipilih oleh para pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan dari modal yang mereka keluarkan. 

pengertian peluang usaha

Pengertian peluang Usaha Menurut Para Ahli


Pengertian peluang Usaha Menurut Arif F. Hadiparanata

Peluang usaha diartikan sebagai resiko yang sudah semestinya diambil serta dihadapi untuk mengatur atau mengelola segala urusan yang memiliki hubungan dengan finansial. 

Pengertian peluang Usaha Menurut Thomas W. Zimmerer, 

peluang usaha merupakan sebuah terapan yang terdiri dari kreativitas serta inovasi untuk memecahkan berbagi masalah dan melihat kesempatan yang dihadapi setiap hari.

Pengertian peluang Usaha Menurut Robbin and Coulter 

peluang usaha merupakan sebuah proses yang mana didalamnya melibatkan invidu atau kelompok yang menggunakan usaha dan sarana tertentu untuk menciptakan suatu nilai tumbuh guna memenuhi sebuah kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan.

Bagi kebanyakan masyarakat umum, peluang usaha adalah ide - ide usaha yang dapat diambil dan dilakukan sebagai jalan untuk mendapatkan uang dan meraih keuntungan. Sementara pengertian peluang usaha di atas merupakan definisi yang ditinjau dari bidang kewirausahaan. 

Sementara itu, penjelasan - penjelasan yang telah disampaikan oleh para ahli maupun yang banyak diketahui oleh masyarakat umum dapat ditarik benang merah bahwa di dalam peluang usaha selalu mengandung resiko. Oleh sebab itu, seorang pengusaha yang sukses harus memiliki setidaknya dua kemampuan dasar agar sukses berkaitan dengan peluang dan resiko yaitu :

Kemampuan memanfaatkan peluang usaha

pengertian peluang usaha adalah

Pak Tirto Utomo mungkin masih asing bagi anda, beliau adalah sosok pebisnis tangguh yang patut dijadikan contoh bagi para pengusaha lainnya. Dia menjadi sukses karena kemampuannya membaca peluang serta berani mengambil peluang usaha termasuk siap dalam menghadapi resiko yang dihadapi. 

Bapak Tirto Utomo merupakan pendiri dari perusahaan yang memproduksi air mineral Aqua. Awal cerita, saat masih muda Bapak Tirto Utomo sempat bekerja di perusahaan asing. Saat para koleganya berkunjung di Indonesia, mereka mengeluhkan air minum yang ada di Indonesia yang rasanya bagi mereka berbeda bahkan membuat mereka sakit perut. 

Selain itu, awal munculnya ide air mineral dalam kemasan juga merupakan pengalaman beliau ketika berada di luar negeri. Beliau melihat bahwa di luar negeri sudah banyak air mineral yang dikemas sedemikian rupa sehingga dapat diperjual belikan dengan mudah. Sementara pada saat itu, di Indonesia belum ada satu pun perusahaan yang memproduksi air mineral dalam kemasan. 

Pak Tirto dengan kemampuan membaca peluangnya ternyata berani mengambil resiko dan memanfaatkan peluang usaha tersebut sehingga mengantarkannya sebagai pengusaha sukses. 

Kemampuan Mengambil Resiko
Bagi seorang pengusaha, resiko adalah keniscayaan yang harus dihadapi jika ingin sukses dalam berwirausaha. Pepatah mengatakan bahwa "No Risk No Gain, Bigger Risk Bigger Gain" Tidak ada resiko berarti tidak ada keuntungan, semakin besar resiko maka semakin besar pula keuntungan. 

Kembali pada kisah pak Tirto, setelah beliau membaca peluang kemudian mengambil peluang tersebut tentu beliau sudah memperhitungkan resikonya. Perhitungan resiko itu sangat bermanfaat guna mempersiapkan diri agar antisipatif terhadap rintangan atau halangan yang menghambat laju perusahaan. 

Resiko yang dihadapi oleh Pak Tirto tentu saja adalah kemungkinan tidak laku. Hal tersebut disebabkan karena di Indonesia, air putih dalam kemasan masih sangat baru sementara bagi masyarakat Indonesia, air mineral dirasa tidak penting karena Indonesia dikenal dengan curah hujan yang tinggi sehingga banyak sumber mata air yang mencukupi masyarakat. 

Nyatanya, resiko - resiko tersebut dapat di antisipasi dengan kreativitas sehingga dapat menelurkan solusi - solusi yang seringkali dianggap aneh namun terbukti mampu mendongkrak penjualan. Lihat saja ketika Pak Tirto mulai menjajakan produk Aqua di toko - toko, kala itu produk Aqua tidak ada satupun yang beredar di pasaran. Memperhatikan kondisi demikian, Pak Tirto mengambil inisiatif dengan melakukan teknik Guerilla Ala Pak Tirto. 

Apa yang sebenarnya dilakukan oleh Pak Tirto? 

Belia memberikan tiga botol gratis di setiap toko, harapannya apabila dua botol laku maka tinggal satu botol Aqua. Model seperti itu akan membawa image bahwa Aqua laris dipasaran. Metode tersebut terbukti ampuh karena beberapa toko mulai memesan Aqua tersebut. 

Jika anda penasaran dengan kisah Pak Tirto dan Aqua silahkan anda baca sumbernya di :

https://studentpreneur.co/blog/jalan-aqua-dari-diremehkan-menjadi-air-minum-dalam-kemasan-terbesar-di-indonesia/

Dari kisah di atas, apakah sahabat bisnis paham tentang peluang usaha serta resiko usaha? semoga penjelasan saya diatas membawa pemahaman bahwa peluang usaha adalah sebuah kemungkinan yang mengandung resiko dalam bisnis. Dua kemampuan yaitu kemampuan membaca peluang serta memanfaatkannya, lalu berani mengambil resiko adalah syarat untuk sukses dalam menjalankan peluang usaha. 

Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan