Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Usaha Ternak Bebek Petelur Kering

Artikel terkait : Usaha Ternak Bebek Petelur Kering

Usaha Ternak Bebek Petelur Kering ~ Kali ini kita akan membahas peluang usaha ternak bebek petelur kering, mempunyai puluhan bebek sangat menyenangkan ternyata, walaupun masih tergolong jenis aktifitas tradisional namun banyak masyarakat yang masih menyukai aktifitas beternak bebek tersebut.

Di indonesia sendiri masyarakatnya senang akan beternak bebek, mayoritas masyarakat yang tinggal didesa pasti mempunyai usaha tersebut. Dan juga banyak loh yang telah sukses dari bisnis tersebut, sebagian dari mereka ada juga yang memulainya dari modal bersama dengan sistem bagi hasil, namun dikesempatan ini kita akan membahas lebih spesifik bagaimana menjadi pengusaha ternak bebek petelur kering.

Usaha Ternak Bebek Petelur Kering


Apa yang harus Saya persiapkan di awal untuk memulai usaha  Ternak Bebek Petelur Kering ini?

Karena usaha ini melibatkan unggas tentu kita membutuhkan kandang, peralatan dan pakannya. Nah anda bisa memulai mencari tahu bagaimana cara membuat kandang bebek yang baik tersebut, anda bisa menanyakan kepada pengusaha senior dalam bidang ini, atau jika tidak ada anda bisa minta tolong ketukang pengrajin untuk pembuatan kandang, jika dirasa anda tidak bisa membuat kandang sendiri.

Untuk peralatan dan pakan, anda bisa membaca buku atau mencari referensi dari internet tentang jenis apa saja pakan yang baik untuk bebek petelur ini, menurut sumber yang kami dapatkan jenis pakan yang baik untuk bebek petelur yaitu dari bahan alami yang bisa anda dapatkan / beli dilingkungan sekitar anda yakni 2 dedak, nasi aking, cangkang udang basah 4 buah alternatifnya bisa rebon kering” dari pola campuran pakan tersebut bebek mampu reproduksi 80 hingga 90% tentu dengan pemberian pakan yang teratur.

Sedikit info dari penulis bahwa usahakan suhu kandang paling tidak diatas 39c dengan kandang yang lembabnya berkisar 65-70%.

Bagaimana Saya Menentukan Jenis Bibit Petelur Yang Unggul?

Ada dua cara untuk menentukan bibit bebek petelur yang unggul tersebut diantaranya:

1. Belilah telur tetas dari induk yang dijamin akan keunggulan tersebut, anda bisa membelinya atau memesan dengan pengusaha senior terkait karena sudah pasti bibitnya unggul.

2. Anda bisa membuat sendiri bibit unggul tersebut dari proses pemeliharaan diawal. Seleksi dan evaluasi tiap-tiap telurnya. Cara ini dilakukan untuk anda yang menginginkan hasil pasti dan tidak mau kecewa akan bibit telur bebek dari orang lain.

Buat anda yang masih ragu untuk memulai usaha ternak bebek petelur berikut alasan kenapa saya harus segera memulai usaha ini:

· Kebutuhan masyarakat indonesia masih sangat tinggi untuk konsumsi telur bebek

· Pemeliharaan ralatif lebih mudah dibandingkan ternak yang lain.

· Dengan 1 orang manusia bisa back-up 1000 ekor bebek.

· Pakan bebek lebih mudah didapatkan dibandingkan anda merintis ternak unggas yang lain

· Anda bisa menjual induk unggul dengan harga tinggi jika stock induk telah banyak

Berapa Keuntungan Yang Saya Dapatkan Dalam Setiap Periode Telurnya?

Berikut ini akan kami beri gambaran tentang omset yang didapatkan jika anda merintis ternak bebek petelur ini dalam jumlah 500 ekor. Namun hal ini terasa sangat sulit untuk para peternak pemula yang langsung bermain dengan modal besar.

Kalkulasinya:

Bebek 500ekor x 75rb = Rp. 37.500.000

Pemberian Pakan rata-rata sehari 12kg untuk 100ekor, karena 500 ekor maka pakan yang butuhkan dalam sehari yaitu 12kg x 500 ekor = 60kg

Perbandingan pakannya 40kg bekatul : 20kg untuk konsentrat petelur (sengaja kami ambil jenis pakan bekatul untuk harga rata-rata saja) 

Jadi:

Dalam sehari pakannya 40kg bekatul (RP.2.800/kg x 40kg) Ditambah konsentratnya 8.000/kg x 20kg.

Maka 112+160 = Rp.272.000, jadi pengeluaran kita setiap hari sekitar Rp.272.000

Karena rata-rata bebek petelur tersebut menghasilkan 80% saja paling tidak dalam setiap harinya. Dari 500 ekor tersebut dikali 80% bebek yang bisa bertelur = 400 butir telur.

Harga pasaran telur perbutirnya Rp.1.400

Keuntungan yang anda dapatkan setiap harinya secara garis besar yakni 

400 butir x Rp.1.400 – Rp.272.000 = Rp. 288.000

Penghasilan perbulan untuk 500ekor telur :

Rp.288.000 x 30hari = 8.640.000. Anda sudah balik modal (Rp.37,5jt) kurang dari 6 bulan!

Dan untuk Incomenya pertahun:

Rp. 8.640.000 x 12 bulan = Rp. 103.680.000


Wow, keuntungan yang sangat besar bukan? Bisa anda bayangkan sendiri jika anda memelihara 1000 ekor bebek petelur. Anda akan menjadi jutawan dari ternak bebek petelur ini. Bagaimana? Ingin segera memulainya? Silakan saja anda langsung beraksi, jangan tunda-tunda dan kejar sukses anda secepat mungkin dalam usaha ternak bebek ini. Bagi yang tidak cukup dalam modal pertama anda bisa mencoba meminjam modal atau menerapkan sistem bagi hasil. Semua masalah pasti ada jalan keluarnya, asalkan anda mau berfikir dan berusaha. Sekian dari penulis, Terimakasih.

Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan