Peluang Usaha Bisnis Rumahan Sampingan budidaya ternak kenari, lele, kroto, gurami, surat lamaran kerja, contoh cv, contoh proposal usaha kecil

Budaya Ternak Semut Jepang yang Mudah dan Menguntungkan

Artikel terkait : Budaya Ternak Semut Jepang yang Mudah dan Menguntungkan

Budidaya Semut Jepang ~ Semakin banyaknya jenis penyakit yang muncul akhir-akhir ini, semakin banyak pula jenis metode pengobatan yang digunakan baik pengobatan modern, pengobatan tradisional sampai pengobatan alternatif. Salah satu pengobatan yang dinilai cocok bagi kalangan menengah adalah mengkonsumsi jenis hewan-hewan tertentu seperti semut jepang. Sesuai dengan namanya, binatang ini memang berasal dari Jepang. Jenis serangga yang memilik bentuk seperti kutu beras ini mengandung asam laktat, asam amino, asam hialuronat dan senyawa lainnya.

Semut Jepang memiliki banyak khasiat seperti mengobati kolesterol, menyembuhkan stroke, mengobati diabetes, mengatasi asam urat, bahkan pengobati penyakit liver.Melihat banyak manfaat yang diberikan tersebut, maka tidak megherankan apabila banyak orang yang menggunakan semut merah sebagai bahan obat tradisional.

Permintaan semut jepang pun semakin hari semi mengingkat mengingat semut ini memang dipercaya sebagai obat yang ampuh. Dengan adanya fakta tersebut, Anda bisa mencoba peluang usaha ternak semutjepang. Usaha tersebut dirasa menjanjikan karena belum ada kalangan yang membudidayakan semut tersebut dalam skala besar sedangkan permintaan semut semakin tinggi.

Cara Budidaya Semut Jepang

Seperti kita ketahui bahwa peluang usaha ternak semut jepang saat ini masih terbuka lebar. Bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha ini sebenarnya merupakan bukan hal yang sulit. Perawatan dan media untuk mengembangbiakkannya pun tidak membuthkan modal yang besar. Anda pun bisa melakukan budidaya semut tersebut pada saat waktu luang. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda siapakan untuk berbisnis budidaya semut jepang.  

1. Media Budidaya
Hal pertama yang harus Anda perhatikan di dalam memulai usaha ternak semut jepang adalah memperhatikan media budidayanya. Anda cukup menyediakan toples ukuran sedang yang terbuat dari bahan-bahan yang awet seperti kaca dan plastic. Lalu masukkan lembaran-lembaran kapas ke dalam toples tersebut setengah ukuran. Kapas tersebut haruslah kapas steril yang tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Kapas tersebut harus dalam keadaan kering atau tidak boleh lembab. Pastikan tempat semut tersebut aman dari segerombolan serangga lain seperti semut merah dan sejenisnya. Setelah tempatnya siap, baru Anda masukkan semut-semut jepang. Agar semut-semut jepang bisa bernafas, jangan lupa beri lubang pada tutup toples. Selain itu, pastika toples-toples tersebut tidak terpapar oleh sinar matahari langsung.

2. Pemberian Pakan
Pemberian pakan pada semut jepang merupakan hal yang paling gamapng. Anda cukup memberikan satu butir ragi kepada 200 ekor semut jepang setiap tiga hari sekali. Anda cukup menaruh ragi-ragi tersebut di atas kapas yang telah disediakan di dalam toples. Pilihlah ragi-ragi yang berkualitas bagus agar semut-semut jepang Anda mendapat asupan nutrisi yang bagus untuk tubuh mereka.

3. Masa Perkembangan Semut Jepang
Perkembangan semut jepang sendiri sangatlah cepat. Masa yang digunakan untuk semut mulai dari kawin, pembentukan larva hingga tumbuh menjadi semut dewasa adalah kurang dari satu bulan. Apabila sudah beranak pinak, maka Anda harus segera menempatkan semut-semut baru tersebut ke toples yang baru.

Analisa Usaha Ternak Semut Jepang

Berikut ini adalah analisa modal dan keuntungan dalam mencoba peluang usaha ternak semut jepang. Kita memulai dengan menggunakan 500 ekor semut jepang. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut
500 induk ekor semut jepang x Rp.600 = Rp.300.000
3 toples untuk tempat budidaya x Rp.30.000 = Rp.90.000
Ragi tape tiga plastik plastik = Rp.22.500
Kapas steril = Rp. 12.500
Biaya lain-lain (pergantian kapas, internet dan lain-lain = Rp.300.000
Jadi modal yang dibutuhkan adalah Rp.300.000+Rp.90.000+Rp.22.500+Rp.12.500+Rp.300.000= Rp.725.000
Kita asumsikan bahwa dari 500 induk semut jepang tadi menghasilkan 5000 ekor per bulan, maka penghasilan yang akan Anda dapatkan apabila harga per semut adalah Rp.1.000 adalah Rp.5.000.000.
Maka keuntungan yang Anda peroleh adalah Rp.5.000.000-Rp.725.000 = Rp.4.275.000

Bagaimana, menguntungkan bukan? Demikian ulasan menarik tentang peluang usaha budidaya semut jepang merah yang bisa Anda coba sebagai peluang penghasilan tambahan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk Anda!

Artikel Peluang Usaha Bisnis Rumahan Lainnya :

Copyright © 2015 Peluang Usaha Bisnis Rumahan